Diduga Konsleting Listrik, Gudang Gitar dan Sparepart di Trowulan Terbakar - Diksi Today

Kamis, 05 Januari 2023

Diduga Konsleting Listrik, Gudang Gitar dan Sparepart di Trowulan Terbakar

Petugas dari Damkar BPBD Kabupaten Mojokerto melakukan pembasahan. [Foto : ist]

LN News Today(Mojokerto) - Sebuah gudang gitar dan sparepart yang terletak di Dusun Trowulan RT 02 RW 01, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Kamis (5/1/2023) terbakar. Beruntung api tidak menyalar ke rumah korban yang berada tepat di samping gudang.

Api diketahui dari dalam gudang sekitar pukul 16.30 WIB diketahui korban Abdul Rasyid (51) yang saat itu berada di depan rumah. Ia berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, sementara sang istri meminta bantuan warga. 

Bersama warga, korban berusaha memadamkan api dan mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam gudang. Dua unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto diterjunkan ke lokasi.

Sekira pukul 17.50 WIB, petugas damkar berhasil memadamkan api yang membakar gudang dengan luas 5 x 20 m² tersebut. Kebakaran diduga akibat konsleting listrik tersebut menyebabkan korban mengalami kerugian kurang lebih Rp200 juta.

Korban, Abdul Rasyid (51) mengatakan, sekira pukul 16.30 WIB tiba-tiba ada asap dari dalam gudang. "Bikin gitar, sudah 7 tahun. Separuh habis. Di sini stok saja, jadi stok kayu, sparepart, elektroniknya. Di sini semua, pemesan dari costumer langsung, langsung bayar," ungkapnya, Kamis (5/1/2023).

Yang terbakar merupakan gudang kayu dan sparepart karena pabrik gitar sendiri ada di wilayah Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Rasyid menjelaskan, jika gudang tersebut stok kayu dan sparepart. Ia menduga kebakaran karena konsleting listrik dan diperkirakan kerugian kurang lebih ada Rp200 juta.

"Petugas PMK BPBD Kabupaten Mojokerto menerima laporan dari masyarakat setempat via telepon, dua unit armada diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan proses pemadaman dan pembasahan," kata Analis Kebencanaan Ahli Muda, BPBD Kabupaten Mojokerto, Yanuar Fajar

Sekira pukul 17.50 WIB, api berhasil dipadamkan. Diduga kebakaran akibat konsleting listrik. Yanuar menjelaskan, untuk luas gudang yang terbakar 5 x 20 m² dan akibat kebakaran tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp200 juta karena banyaknya sparepart di dalam gudang yang ikut terbakar.*(ning). 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda