Kolaborasi PT Petrokimia Gresik dan PT SGN Wujudkan Swasembada Gula Komsumsi 2028 - Diksi Today

Rabu, 09 Agustus 2023

Kolaborasi PT Petrokimia Gresik dan PT SGN Wujudkan Swasembada Gula Komsumsi 2028

Prosesi panen Tebu digelar secara Simbolis

Line News Today(Mojokerto) - PT Petrokimia Gresik mensupport PT Sinegi Gula Nusantara (SGN) untuk mewujudkanswasembada gula konsumsi di tahun 2028 dan swasembada gula industri tahun 2030. Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berkolaborasi melalui Program Makmur.

Program Makmur ini bertujuan untuk memberikan pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian berkelanjutan serta melibatkan rantai pasok dan didukung teknologi, dengan target peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani. 

Program Makmur merupakan solusi bagi petani tebu yang saat ini kebutuhannya belum tercukupi dari pupuk bersubsidi. Keduanya menggelar panen dan tanam Demonstration Plot (Demplot) bersama di Desa Jrambe, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Rabu (9/8/2023).

Salah satu petani, Jamal (40) mengatakan, hasil panen dari Program Makmur naik dari 1.000 kwintal/hektar menjadi 1.200 kwintal/hektar. "Tidak ada yang terlambatan mendapatkan pupuk dan kita dibantu pihak perbankan. Hasil panen cukup memuaskan para petani," ungkapnya.

Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan, Mahmudi mengatakan, berdasarakan Perpres Nomor 40 Tahun 2023, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Grup harus mewujudkan swasembada gula konsumsi tahun 2028 dan swasembada gula industri tahun 2030. 

"Hasilnya membanggakan dari sisi produktif tebu dan rendeman yang ada. Ini sejalan. Ini kolaborasi yang luar biasa untuk bersama-sama mewujudkan peningkatkan produktifitas sehingga kami terus bersinergi dalam upaya meningkatkan produktifitas gula setiap hektarnya," katanya. 

Tentu hal tersebut adalah trend positif bagi produktifitas gula. Program Makmur PT Sinergi Gula Nusantara memiliki sebaran wilayah realisasi. Hingga bulan Juli 2023, Pabrik Gula Gempolkrep Mojokerto memiliki luas lahan 5.628 Hektar dengan jumlah petani 719. Saat ini, lanjut Mahmudin, masih 70 ton per hektar, menuju 90 ton per hektar. 

"Kita akan melakukan akselerasi melalui perluasan lahan atau ekstensifikasi, PTPN Group dalam hal ini SGN harus menambah luasan 179 ribu hektar. Ada tiga hal yang perlu dilakukan peningkatan yakni produktifitas, luasan lahan dan rendemen. Tiga hal tersebut menjadi tugas besar PT SGN di bawah PTPN Group," tegasnya.

Sementara itu, Direktur PT Petrokomia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, dibawah Pupuk Indonesia Holding Company, PT Petrokimia Gresik mendukung untuk terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi. Produksi gula nasional untuk konsumsi per tahun ditargetkan mencapai 2,74 juta ton. 

"Tahun lalu kebutuhan gula konsumsi mencapai 3,2 juta ton. Artinya, lebih dari 20 persen kebutuhan gula konsumsi masih bergantung pada impor. Ada tugas kepada holding Nusantara untuk meningkatkan produktivitas. Perusahaan agrobisnis mensupport hal tersebut karena pekerjaan ini tidak satu sisi saja tapi harus berkolaborasi," tuturnya.

PT Petrokimia bersama anak perusahaan PT Petrokimia Kayako dan PT Petrosida, lanjut mantan Dirut Perkebunan Nusantara XI ini, untuk penyedia pestisida. Pihaknya juga menyiapkan mobil uji tanah untuk treatment tanah dengan memberikan kapur pertanian. 

"Khusus untuk menyiapkan peningkatan produktifitas tebu, PT Petrokimia Gresik secara khusus menyediakan pupuk tersendiri. Kami menyediakan pupuk khusus untuk tebu, namanya pupuk Petroken. Jadi ini adalah hasil penelitian kami di PT Petrokimia Gresik dan tahun ini akan kita gunakan di tanah demplot ini," urainya. 

Mengingat Perpres Nomor 40 Tahun 2023 terus terjadi peningkatan produktifitas dan rendemen. Harapannya tugas Presiden RI agar swasembada gula dapat tercapai. Yakni swasembada gula konsumsi tahun 2028 dan swasembada gula industri tahun 2030. 

"Dari 120 ton per hektar terjadi kenaikan menjadi 160 ton per hektar, ditambah rendemen yang juga naik dari 7,35 menjadi 8,5 persen. Artinya dari sisi produksi naik, angka rendemennya juga naik. Kami siap mensupport dan berkontribusi untuk peningkatan produktifitas dan kesejahteraan petani bersama PT SGN," pungkasnya.*(din). 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda