Jangan Takut Gagal, Lintasan Ujian Praktik SIM C di Polres Mojokerto Kini Berubah - Diksi Today

Senin, 07 Agustus 2023

Jangan Takut Gagal, Lintasan Ujian Praktik SIM C di Polres Mojokerto Kini Berubah

Salah seorang Pemohon SIM C saat menjalani Ujian Pratik

Line News Today(Mojokerto) - Satuan Lalulintas Polres Mojokerto, resmi mengubah jalur lintasan Ujian Pratik SIM C yang awalnya membentuk angka 8 dan zig zag, diubah menjadi lintas seperti huruf S, perubahan jalur lintasan Ujian Pratik SIM C yang diberlakukan mulai hari ini, Senin (7/8/2023), bertujuan untuk memudahkan para pemohon SIM C yang Baru. 

Cindy Agustin (20), pemohon SIM C asal Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto ini. Menurutnya lintasan baru tanpa Zig-zag dan angka 8 lebih mudah. 

"Dengan perubahan ini, bagi kami pemohon SIM jalurnya lebih mudah," ujarnya di lapangan uji praktik SIM di Mapolres Mojokerto, Senin (7/8/2023) 

Sebelumnya Cindy pernah gagal tiga kali dalam ujian praktik. Perempuan berhijab ini juga mengapresiasi inovasi layanan pelatihan ujian praktik bagi pemohon SIM C yang masih gagal dalam ujian. 

"Sebelumnya pernah gagal tiga kali, mungkin grogi," Imbuhnya. 

Sementara itu Kanit Regident Satlantas Polres Mojokerto, Iptu Harri Putra Makmur mengatakan ada beberapa lintasan ujian praktik yang mengalami perubahan. Antara lain lintasan angka 8 berubah menjadi huruf S. Selain itu lintasan zig-zag saat ini sudah ditiadakan. 

"Jalur yang baru ini sesuai dengan kegiatan yang dilakukan masyarakat sehari-hari sesuai lalu lintas yang ada di negara ini. Mulai diterapkan hari ini, Senin 7 Agustus 2023. Hari ini kurang lebih 30 pemohon SIM C yang lulus," ujarnya. 

Perubahan lintasan uni praktik SIM C ini juga diakui Iptu Harri lebih mudah untuk lulus. Jika sebelumnya cukup sempit, saat ini diperlebar lagi. 

"Sebelumnya satu setengah lebar dari kendaraan, sekarang berubah jadi dua setengah dari lebar kendaraan. Jadi menjadi lebih lebar dan masyarakat lebih mudah untuk melintasi trek ini," ungkapnya. 

Lanjut Iptu Harri, masyarakat harus memahami bahwa dalam pelaksanaan ujian praktik, apabila masih gagal maka masyarakat dapat melakukan pengulangan satu kali lagi. Jika masih gagal lagi maka disarankan mengikuti program Santai Sore untuk Mahir Berkendara (SAMARA) inovasi dari Polres Mojokerto. 

"Kami khususnya dari Polres Mojokerto, apabila masyarakat masih gagal dalam ujian praktik SIM ini, kita punya inovasi pelatihan yang namanya Samara. 

"Pelaksanaan Samara ini dilakukan sore hari setiap senin sampai sabtu, waktunya tergantung dari pemohonnya dan gratis," jelas Iptu Harri. 

Dengan berbagai kemudahan dalam mengurus permohonan SIM C ini, Ipda Harri menegaskan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan jasa calon SIM."(din). 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda